Jumat, 09 November 2012

CARA MENGGUNAKAN BENDERA DAN TAU ARTI KIASAN WARNA



Cara penggunaan bendera kebangsaan Indonesia, adalah :
1.Dikibarkan dari pagi hari sampai petang (kurang lebih antarapukul 06.00 - 18.00 W1B).

2.Untuk mencegah dari kerusakan atau kotor, bendera merah Putih dapat diturunkan jika turunhujan lebat.

3.Bendera Merah Putih dikibarkan selalu lebih tinggi dibandingkan bendera-bendera orginisasilainnya (bendera pramuka. bendera kepanduan, bendera OSIS, dan sebagainya). Tetapi benderamerah Putih dikibarkan sejajar jika dikibarkan bersama-sama bendera negara-negara lain.

4. Bendera Merah Putih dikibarkan selalu paling kanan, Jika dibuat untuk hiasan atau lainnya, warna merah ditempatkan di sebelah kanan warna kiri.

5.Bendera Merah Putih tidak boleh kotor, digambari, dicorat-coret.

6.Bendera Merah Putih tidak boleh menyentuh tanah.

7.Bendera Merah Putih selalu disimpan di tempat yang baik dan bersih.

8.Pengibaran bendera merah Putih yaitu pada hari-hari besar nasional.

9.Cara pengibaran setengah tiang dilakukan jika pada hari berkabung. Caranya adalah benderadinaikkan sampai ke puncak tiang bendera, baru kemudian. diturunkan sampai setengah tiang.Demikian pula cara menurunkannya,bendera Merah Putih dinaikkan terlebih dahulu ke puncak tiang bendera baru kemudian diturunkan.

10.Bendera Merah Putih jika dipergunakan sebagai penutup peti jenazah. Maka warna merahdiletakkan di sebelah kanan jenazah.Sejarah bendera Merah Putih, penggunaan bendera Merah Putih sudah terilhami oleh sejaran nenek moyang bangsa kita. Pada jaman kerajaan Majapahit, sudah ada yang namanya bendera berwarnaMerah Putih, kemudian ada pasukan yang namanya gula kelapa yaitu pasukan yang menggunakan pakaian berwama merah dan putih.
Kiasan warna-warna bendera Merah Putih, adalah :Merah berarti berani dan Putih berarti suci atau bersih, jadi arti kiasan warna-wania beridera MerahPutih adalah bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berani karena dilandaskan kebenaran. Tidak memaksakan kehendak pada negara lain. menjaga ketertiban dan persaudaraan dunia.

7 komentar: